Selasa, Februari 24, 2009

Kalender kuno maya meramalkan kejadian besar 2012

Kalender suci bangsa maya atau Tzolkin adalah pintu memasuki pemikiran suatu peradaban sangat maju di dunia barat sebelum kedatangan bangsa2 eropa.para ahli meyakini,astronomi maya kuno adalah pencapaian intelektual yang menakjubkan setara dengan geometri mesir kuno dan filosofi yunani.
banyak orang percaya kalender berusia 2000 tahun itu lebih akurat di bandingkan kalender gregorian yang di gunakan sejak taun 1582.
bangsa maya kuno hidup pada awal millenium pertama sesudah masehi di wilayah mesoamerika yang membentang dari meksiko utara ke honduras,diutara semenanjung yucatan.penduduknya berjumlah 5 juta sampai 14 juta orang bermukim di kota2 yang kini di kenal sebagai meksiko selatan,guatemala dan belize.
bangsa maya kuno terobsesi pada waktu.mereka menciptakan sedikitnya 20 kalender.disesuaikan dengan berbagai siklus mulai dari kehamilan hingga panen,bulan hingga venus.perhitungan orbitnya sangat akurat dengan selisih hanya 1 hari setiap 1000 tahun.
reruntuhan kota2 mereka baru di temukan pada tahun 1839 oleh ahli hukum dari amerika serikat john stephens bersama juru gambar asal inggris frederik catherwood.exploirasi itu menemukan 44 kota dan tempat.

Terobsesi siklus

Yang terpenting bagi masyarakat maya adalah etos kosmis.kedamaian berarti sikap harmoni dengan gerakan abadi alam semesta.akibat terpaku pada siklus,mereka tidak menyadari perubahan di sekitar mereka.
Hal ini mungkin menjelaskan keambrukan bangsa ini.meski ada yang meyakini mereka moksa. penyebab ambruknya bangsa ini karena hancurnya daya dukung lingkungan,bertani dan membabat hutan secara berlebihan serta pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi.
penyebab lain adalah perang terus menerus memperebutkan kekuasaan dan sumber daya alam.kurang dari 1 abad,jumlah penduduk berkurang 80-90 persen.mereka serakah,gila kuasa dan menindas.
Namun keruntuhan dramatis itu tidak menihilkan kearifan bangsa maya kuno khususnya tentang ramalan bencana yang belum tertandingi.penyerbuan spanyol atas perintah roma tahun 1519 sudah di ramalkan dengan bantuan bintang2 di angkasa.
Ramalan itu menyelamatkan teks2 kuno yang masih di simpan para tetua di pedalaman.di antara ribuan teks yang di bakar penjajah dan 4 buku tentang kalender maya yang kemudian di temukan di eropa.
sekarang kalender maya meramalkan kejadian dunia pada 21/12/20012.

sumber: kompas

1 komentar:

Anonim mengatakan...

otanjobiomedeteou hanna

Posting Komentar